Nama Sekolah
|
: SMP 3 JIKEN
|
No. Statistik Sekolah
|
: 21 103 16 07088
|
Tipe Sekolah
|
: C
|
Alamat Sekolah
|
: Desa Jiworejo
|
: (Kecamatan) Jiken
| |
: (Kabupaten/Kota) Blora
| |
: (Propinsi) Jawa Tengah
| |
Telepon
|
: (0296) 525537
|
Status Sekolah
|
: Negeri
|
Nilai Akreditasi Sekolah
|
: A (Amat Baik )
|
Luas Lahan
|
: 6000 m2
|
Jumlah rombel
|
: 9 kelas
|
A. ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS
SMP Negeri 3 Jiken termasuk salah satu sekolah baru (berdiri tahun 1998), namun dalam perkembangannya tidak ketinggalan dengan sekolah yang lain. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut lembaga pendidikan untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia yang mampu untuk menghadapi perubahan-perubahan yang ada. Mempersiapkan diri untuk menerobos kehidupan dunia yang semakin kompetitif. Menciptakan suatu sosok yang mempunyai bekal untuk hidup dimasa yang akan datang serta mempunyai kemampuan untuk dapat mengatasi permasalahan-permasalahan dunia masa mendatang yang mereka hadapi. Dunia pendidikan juga harus dapat menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki daya selektifitas terhadap pengaruh-pengaruh budaya manca, sehingga mampu mempertahankan eksistensi budaya nasional.
B. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI
Dunia pendidikan saat ini banyak menghadapi masalah terutama rendahnya mutu pendidikan dan tingginya angka putus sekolah terkait dengan dampak dari krisis multidimensi yang sampai dengan saat ini masih kita rasakan secara langsung maupun tidak langsung. Berbagai upaya telah dilaksanakan untuk peningkatan mutu antara lain dilaksanakannya penyempurnaan kurikulum, pendekatan pembelajaran secara kontekstual (CTL), pendidikan kecakapan hidup (PKH) dan lainnya.
Belum sepenuhnya implementasi kurikulum sekolah berbasis kontekstual dirasakan oleh siswa, sehingga terasa sekolah kurang bermanfaat. Hasil pendidikan dari belum dapat menjadi bekal siswa untuk terjun ke dunia nyata. Pendidikan sekolah terasa didominasi oleh teoritis yang kurang bernilai kontekstualnya.
Untuk itulah upaya perbaikan sistem pendidikan di Indonesia sangat diperlukan. Kita harus tetap berpedoman pada prinsip negara maju adalah negara yang mengedepankan pendidikan sebagai salah satu bagian esensial dalam kehidupan negara. Perbaikan mutu pendidikan sifatnya mutlak sebagai upaya perbaikan sumber daya manusia Indonesia.
Harapan kita bersama adalah dengan perbaikan sistem pendidikan di Indonesia akan tercipta manusia-manusia Indonesia yang seutuhnya yaitu manusia Indonesia yang cerdas, beriman dan bertaqwa serta mampu menghadapi persaingan global.
C. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG
Diberlakukannya Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dalam jangka waktu empat tahun kedepan kita harapkan mampu menghasilkan kualitas pendidikan yang lebih baik. Untuk itu sangat dibutuhkan realisasi anggaran 20% dari APBN, APBD Propinsi, APBD Daerah serta dukungan dan peran serta dari masyarakat peduli pendidikan.
Perubahan-perubahan sistem pendidikan telah dilakukan oleh pemerintah dengan harapan adanya dukungan dari berbagai elemen pelaksana sistem pendidikan. Pemerintah telah menyusun regulasi-regulasi pendidikan Indonesia yang tertuang dalam UU Sistem Pendidikan Nasional yaitu UU No. 20 tahun 2003. Dengan adanya UU serta peraturan-peraturan pendidikan yang ada dibawahnya pemerintah berusaha mewujudkan satu sistem persekolahan yang mengacu pada standar nasional maupun internasional.
Dengan adanya perbaikan sistem pendidikan tersebut kita berharap akan tercipta suatu pendidikan yang berkualitas, terutama di dalam lembaga pendidikan/sekolah.
( Guru IPS Kls 8, 9 )
Karyawan Kantor TU SMP Negeri 3 Jiken
Guru-Guru SMP Negeri 3 Jiken.
Tahun Pelajaran 2011/2012
( Guru IPS Kls 8, 9 )
Karyawan Kantor TU SMP Negeri 3 Jiken
1.
|
Samsu, S.E
(Kepala Kantor Tata Usaha) | |
| ||
2.
|
Jono Prastowo
| |
3.
|
Lilies Endah
| |
4.
|
Rustamaji
| |
5.
|
Eko Budiyono
| |
6.
|
Marisih
| |
7.
|
Indarwati
| |
8.
|
Siswoyo
| |
9.
|
Sukandar
| |
|